Cara Mudah Mengembalikan File Yang Terhapus di Android (Tanpa Root)

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Tanpa Root – Ponsel android sudah menyebar diseluruh masyarakat Indonesia. Bahkan bisa dijadikan sebuah kewajiban untuk memilikinya. Kenapa saya katakan seperti itu, karena hampir aktivitas sehari-hari kita tidak lepas dengan namanya smartphone atau ponsel android. Sebuah riset mengklaim 60% penduduk Indonesia menggunakan android untuk membantu kegiatan sehari-hari dan 11.5% menggunakan Android yang harganya mahal.

Apa saja kegunaan ponsel android ini??? sangat banyak sekali diantaranya sms, telpon, chat, social media, bermain game, berinternet ria, foto, selfi, menyimpan foto video dan file penting, dan masih banyak lagi. Apalagi seiring canggihnya teknologi yang menambahkan banyak fitur yang terdapat pada smartphone android terbaru.

Nah yang akan saya bahas kali ini adalah tentang penyimpanan file penting di Android. File tersebut dapat berupa foto, file dokumen, file password, video, game, apk dan masih banyak lagi. Bagaimana jika file tersebut tidak sengaja dihapus????Bagaimana cara mengembalikannya???

Take it easy. Pertama-tama apa yang menyebabkan file tersebut hilang. Bisa dari reset pengaturan pabrik, memang tidak sengaja terhapus, habis di flashing, data hilang setelah di root, dan yang paling terakhir hp mati/rusak. Karena apapun file tersebut hilang, masih bisa dikembalikan kok. Ikuti langkah-langkahnya dibawah.

Cara mengembalikan file yang terhapus tanpa Root

Jadi disini ponsel dalam keadaan fresh alias no root. Kita akan memanfaatkan sebuah aplikasi yang bernama Recuva. Kita juga memerlukan PC atau laptop untuk menginstall aplikasi tersebut.

recuva data recovery

Recuva Data Recovery

  • Download aplikasi Recuva disini.
  • Install di PC atau laptop.
  • Setelah itu hubungkan android ke PC menggunakan kabel usb.
  • Cek dan pastikan android sudah terhubung, lalu buka aplikasi Recuva.
  • Pilih jenis file yang akan dikembalikan, pilih All files jika ingin mengembalikan semua jenis file yang ada di SD Card.
  • Pilih di drive/lokasi file yang ingin dikembalikan. Pilih In a specific location jika ingin memilih lokasi memori. Pilih I’m Not Sure jika lupa lokasi file yang ingin dikembalikan.
  • Centang pada Enable Deep Scan jika ingin pencarian file yang lebih detail atau mendalam.
  • Lalu Klik Start untuk memulai pencarian file. Tunggu proses pencarian hingga file yang hilang muncul.

    scanning for deleted files

    Scanning For Deleted Files

  • Setelah semua file ditemukan, tinggal centang aja file yang akan direcovery. Kemudian klik kanan dan pilih menu Recover Checked.
  • Pilih destinasi penyimpanan file yang akan di restore di PC. Misal di Data E:
  • Yang terakhir tinggal pindahkan file yang disimpan di PC tersebut ke Android.

Itulah cara mengembalikan file penting yang tidak sengaja terhapus di android dengan mudah tanpa harus root android dulu. Memang agak ribet memerlukan PC untuk membantu recovery file. Tapi cara ini sudah banyak yg merekomendasikan, karena mudah dan tanpa root. Jika smartphone kamu sudah dalam keadaan root, kamu bisa mengembalikan dengan mudah dengan aplikasi yang bertebaran di playstore tanpa mengunakan PC. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Leave a Reply