Cara Mengatasi Android Lemot dengan Mudah

Cara Mengatasi Android Lemot – Mempunyai Hp Android dengan spek yang gahar memang impian dari setiap orang. Tapi apa daya jika budget tidak mencukupi dan hanya mampu membeli android dengan spesifikasi biasa. Sebenarnya itu tidak masalah menurut saya, karena pasti akan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Maksudnya adalah seperti ini, dalam membeli sebuah handphone alangkah lebih baiknya tidak dipaksakan dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Jadi akan membuat hp tersebut lebih banyak manfaatnya.

Ini menurut pengalaman pribadi saya. Jadi ada teman saya yang bekerja di sebuah dealer motor. Posisi dia adalah seorang sales, jadi kebanyakan waktu kerjanya ada di jalan dengan mengendarai sepeda motor. Jika dilihat dari kebutuhannya, tipe hp android yang cocok untuk teman saya ini adalah hp adroid biasa dengan layar yang kecil. Menurut saya hp tersebut lebih banyak digunakan untuk menelpon, sms, WA customer dan nyaman ditaruh didalam saku.

Perhatikan saja, seperti kamera, edit foto, microsoft office, game kemungkinan besar jarang untuk dipakai. Dan ternyata itu memang benar, teman saya bilang pas waktu saya tawarin Hp android dengan layar besar, dia bilang gak perlu besar dan banyak fitur soalnya kerja dijalan.

Beda lagi dengan bos atau seorang pengusaha. Dalam materi mereka mencukupi untuk membeli android degan spesifikasi bagus, dan ternyata memang mereka membutuhkan itu. Misalnya saja internet yang cepat, kualitas foto yang bagus untuk foto produk, microsoft office untuk melihat data atau tulisan penting dan lain sebagainya yang ada di HP android dengan tipe business.

Nah sekarang pertanyaan saya, Apakah Hp Android yang memiliki spesifikasi biasa itu pasti lemot?????

Jawabannya adalah tidak.

Spesifikasi adalah bukan hal utama untuk membuat android tersebut menjadi lemot. Paling tidak brand developer yang membuat android tersebut sudah bisa memprediksikan juga menyeimbangkan kebutuhan software, system yang diperlukan pada masing-masing tipe Hp.

Jadi sebenarnya ada beberapa aspek yang mempengaruhi, kenapa Hp android tersebut lemot. Oleh sebab itu sekarang saya akan menjelasakan penyebab dan cara mengatasinya.

speed up android

Speed Up Android

Cara mengatasi Android lemot dengan cepat

Sisakan Internal Memory sekitar 15-20 %
Internal memory adalah ruang penyimpanan yang ada di telephone itu sendiri. Semua macam tipe HP, internal memory ini setengahnya digunakan untuk menyimpan aplikasi system yang tertanam dalam hp tersebut. Contohnya adalah aplikasi kamera, album, android OS, default theme, bluetooth, wifi, calculator, clock, contact, dll pokoknya aplikasi bawaan dari hp tersebut.

Dengan begitu jika hp kamu memiliki internal memory 4 GB maka ruang yang kosong adalah sekitar 2 GB karena yang 2 GB dipakai untuk aplikasi system seperti yang saya jelaskan diatas. Nah sisa kosong 2 GB ini bisa kamu gunakan untuk menyimpan aplikasi yang ingin kamu download.

Dengan kondisi internal 4 GB bagaimana caranya kamu harus menyisakan minimal sekitar 600 MB (15%). Fungsinya adalah masih ada ruang untuk cached data dari aplikasi yang pernah kamu buka. Berikut tips untuk memaksimalkan penggunaan internal memory agar supaya tidak full :

  • Download aplikasi yang hanya diperlukan saja. Atau paling banyak digunakan. Segera uninstall jika ada aplikasi yang tidak pernah digunakan sama sekali.
  • Pindah aplikasi ke memory External. Ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dipindah ke memory eksternal. Untuk memindahkannya cukup mudah. Masuk ke setting > Apps > Move to SD Card.

    move to sd card

    Move To SD Card

  • Jangan update aplikasi yang jarang digunakan. Pertama kamu harus menonaktifkan auto update. Untuk melihat aplikasi apa aja yang membutuhkan update bisa ke Play Store > My apps & games. Lalu update yang perlu saja. Karena pengupdatetan ini memakan memory Internal.
  • Bersihkan cached data. Untuk yang menggunakan clean master atau aplikasi sejenisnya mungkin bisa langsung sekali klik sudah merefresh semuanya. Jika kamu tidak memakai aplikasi tersebut. Masuk ke Setting > Storage > Klik Cached Data > OK.

    clear cached data

    Clear Cached Data

Sisakan RAM kalau bisa 50%
RAM ini berfungsi untuk mempercepat pemprosesan data di android tersebut. Semakin besar RAM otomatis juga semakin cepat juga kinerja android tersebut apalagi membuka aplikasi secara bersamaan atau biasa yang disebut dengan multitasking. Penggunaan ram juga dapat menguras baterai, baca juga cara kalibrasi baterai android agar tetap sehat.

Ada beberapa cara untuk memaksimalkan kinerja RAM ini.

  • Kurangi penggunaan aplikasi yang always on. Always On ini adalah aplikasi yang selalu berjalan (running) sehingga kamu akan selalu mendapatkan notifikasi setiap kali ada update terbaru misal saja WA, BBM, Facebook, Instagram.

    aplikasi berjalan

    Aplikasi Berjalan

  • Bersihkan aplikasi yang pernah dibuka dan masih berjalan. Seperti biasa setelah menutup sebuah aplikasi, biasakan untuk membersihkannya agar supaya kinerja RAM tidak berat.

    app on screen

    Bersihkan Aplikasi di Screen

  • Bagi kamu pengguna aplikasi seperti Clean Master kamu bisa langsung klik boost untuk merefresh ram.

Jangan Menggunakan Widget yang berlebihan

widget berlebihan

Widget Berlebihan

Memang sih menggunakan widget, bisa mempercepat akses. Namun terlalu banyak juga akan membuat kinerja smartphone tersebut menjadi berat. Karena widget tersebut semua aktif berjalan di homescreen dan akan selalu update jika ada pemberitahuan. Jadi pilih atau gunakan saja widget yang perlu.

Baca juga 7 cara cepat mengatasi android lemot di www.gadgeteh.com

Hindari Aplikasi yang memunculkan iklan Pop Up
Jadi ceritanya teman saya ini tanya, kok tiba-tiba android sya keluar pop up iklan (iklan melayang) padaha tidak menjalankan aplikasi apapun. Dan ternyata ada sebuah aplikasi yang bisa memunculkan iklan tersebut. Jadi berhati-hati memilih aplikasi yang gratis. Memang sih gratis, tapi kalau iklannya berlebihan juga bisa membuat android kita lag atau lemot pada saat iklan tersebut muncul.

Nah jika terpaksa kamu harus menggunakan aplikasi tersebut dan kebetulan ada iklannya. Kamu bisa menghilangkan iklannya dengan cara menghilangkan iklan pada aplikasi android.

Langkah terakhir cara mengatasi android lemot (wajib)

Restart Android
Jangan remehkan ini. Restart artinya mulai ulang. Dengan merestart semua data dan sistem yang berantakan akan kembali tertata rapi ke tempat semula. Sehingga kemungkinan ada aplikasi yang error itu kecil. Jika aplikasi berjalan dengan lancar, maka android tersebut tidak akan lemot.

Itulah 5 hal atau cara yang perlu kamu perhatikan untuk membuat android kamu tidak lemot. Kamu bisa mencobanya dan menulis komentar dibawah bahwa android kamu sudah cepat tanpa lemot. Terima kasih sudah berkunjung di Blog Drag On Gadget. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply